Sejarah Perkembangan Pemrograman Java

Sabtu, 12 Februari 2011 0 komentar
Java telah berkembang dari semula ditujukan untuk pemrograman applet di web browser menjadi bahasa pemrograman pengembangan aneka ragam aplikasi, mulai dari yang berjalan di handheld devices seperti Handphone, PDA (Personal Digital Assistant) sampai aplikasi berskala besar (enterprise) di beragam komputer server.
Yang paling penting adalah bahwa Java merupakan bahasa berorientasi pada objek untuk pengembangan aplikasi mandiri, aplikasi berbasis internet, aplikasi untuk perangkat cerdas yang dapat berkomunikasi lewat Internet/jaringan komunikasi. Dengan teknologi Java, dimungkinkan perangkat audio stereo di rumah terhubung jaringan komputer. Java tidak lagi hanya bahasan untuk membuat applet yang memperindah halaman web tapi Java telah menjadi bahasan untuk pengembangan aplikasi skala enterprise berbasis jaringan besar
Edisi Java Yang Sedang Berkembang

Java adalah bahasa yang dapat dijalankan diberbagai platform, beragam lingkungan: internet, consumer electronic products, dan computer application. The Java 2 Platform tersedia dalam tiga edisi untuk keperluan berbeda:

Standard Edition (J2SE)

Menyediakan lingkungan pengembangan yang kaya fitur, stabil, aman, dan cross-platform. Edisi ini mendukung konektifitas basis data, rancangan antarmuka pemakai, masukan / keluaran, dan pemrograman jaringan dan termasuk sebagai paket-paket dasar bahasa Java.

Enterprise Edition (J2EE)

Menyediakan fitur untuk membangun dan menjalankan multitier enterprise application. J2EE berisi paket paket di J2SE ditambah paket paket untuk mendukung pengembangan enterprise JavaBeans, Java Servlets, JavaServer Pages, XML, dan kendali transaksi yang fleksibel.

Micro Edition (J2ME)

Digunakan untuk beragam consumer electronic product, seperti pager, smart card, cell phone, handheld PDA, dan set-top box. J2ME juga unggul dalam portabilitas, kemampuan dijalankan di manapun dan safe network delivery seperti J2SE dan J2EE. J2ME menggukana sekumpulan paket yang lebih kecil yang hanya berisi subset paket J2SE ditambah paket spesifik Micro Edition Javax.microedition.io. Aplikasi J2ME dapat diskalakan agar juga dapat bekerja dengan J2SE dan J2EE.

Kemampuan Java

Java memiliki kemampuan untuk membuat berbagai macam aplikasi saat ini, yang dapat terdiri dari:
1. Berbasis konsol tradisional yang berbasis teks (text-based application)
2. Berbasis windows atau GUI Based Application untuk segala flatform sistem operasi
3. Aplikasi web browser dengan Java Applet
4. Aplikasi di web server dengan Java Servlet, JSP (Java Server Pages)
5. Aplikasi berbasis model komponen Java seperti Component di Borland Delphi atau Control di Visual Basic, yaitu JavaBeans
6. Aplikasi terbesar skala enterpise dengan EJB (Enterprise Java Beans) disertai standar konektifitas basis data (JDBC-Java Database Connectivity), messaging (JMS-Java Messaging System), mailing (Java Mail), konektivitas (JCA-Java Connectivity Architecture), RMI (Remote Method Invocation) dan sebagainya
7. Aplikasi handheld dan mobile computing melalui J2ME (Java 2 Micro Edition)
Guwe rasa inilah seklumit pendahuluan yang perlu diketahui bagi calon programmer java sebelum mempelajari lebih jauh nantinya. Untuk posting selanjutnya guwe akan mulai dari instalasi JAVA untuk berbagai keperluan di salah satu Sistem Operasi: Windows.

0 komentar:

Posting Komentar

   
 

©Copyright 2011 The Personal Blog of NHALOE | TNB